Selasa, 04 Mei 2021

Tips untuk Merawat Lantai Marmer Murah agar Selalu Kinclong

 Tips untuk Merawat Lantai Marmer Murah agar Selalu Kinclong

Merawat Lantai Marmer Agar Selalu Kinclong – Sudah menjadi rahasia publik jika bahan baku batuan marmer dapat digunakan sebagai perlengkapan material-material rumah dan juga pernak-pernik aksesoris rumah tangga. Seperti halnya untuk memuat lantai marmer, dinding marmer, bahkan vas bunga dari bahan baku utama marmer. Banyak dari konsumen menyukai bahan utama marmer sebagai pelengkap materia-material rumah karena corak unik yang dimiliki oleh batuan marmer. Namun apakah dari kalian sudah mengetahui apa saja jenis-jenis batuan marmer itu? Dan bagaimana cara merawat lantai marmer yang ada di rumah kita agar selalu kinclong dan indah dipandang mata? Berikut akan kita bahas mengenai jenis-jenis batu marmer serta tips-tips mudah untuk mendapatkan lantai marmer yang selalu tetap kinclong. Mari kita simak bersama-sama.

Jenis-jenis batuan marmer yang populer cukup banyak. Namun di antara kita cukup sulit untuk membedakan masing-masing dari jenis batuan marmer yang beredar di industri marmer. Jenis-jenis dari batuan marmer tersebut anatara lain:

1. Ornamental marble
Ornamental marble memilikitekstur yang lebih kasar jika dibandingkan dengan jenis marmer lainnya. Jenis marmer yang satu ini lebih sering di gunakan untuk membangun pilar-pilar rumah. Dan jenis ornamental marble ini kurang cocok jika digunakan untuk membuat lantai marmer karena berhubungan dengan teksturnya yang kasar. Keberadaan marmer ini identik dengan sejarah para pemahan zaman yunani yang membuat patung olympus.

2. Architectural marble
Jenis architectural marble memiliki warna dan pola yang bervariasi antara satu batuan dengan batuan lainnya. Batuan marmer jenis ini memiliki sifat yang kokoh dan tahan terhadap cuaca. Sehingga batuan marmer jenis ini biasanya digunakan untuk membangun rumah bagian luar. Namun bisa juga digunakan untuk interior rumah seperti dibuat lantai marmer.

3. Marmer cipolin
Marmer cipolin memiliki ciri khas yang unik yakni warnanya yang gelap serta memiliki pola-pola yang abstrak. Batuan marmercipolin biasanya digunakan sebagai alas meja ataupun dekorasi di bagian dapur.

4. Marmer onyx
Batu marmer onyx memiliki tampilan yang transparan dan teksturnya mulus. Marmer onyx ini memiliki ukiran-ukiran indah pada lapisan batuannya. Biasanya marmer onyx digunakan untuk bangunan-bangunan yang mewah, baik untuk dekorasi lantai marmer ataupun yang lainnya. 
Bagi para pecinta batu marmer yang menjadikan marmer sebagai bahan untuk pembuatan lantai marmer ada beberapa tips yang dapat di lakukan guna untuk menjaga lantai marmer kalian tetap kinclong dan indah. Adapun tips yang dapat dilakukan antara lain:

1. Penggunaan baking soda
Cara yang cukup mudah dilakukan untuk merawat lantai marmer agar tetapkinclong adalah dengan menggunakan baking soda. Cara ini merupakan cara yang mudah karena bahan utamanya yakni baking soda dapat di dapatkan dengan mudah di toko-toko dekat rumah kalian. Baking soda ini dapat digunakan untukmembuat lantai marmer kinclong karena sifatnya yang dapat membersihkan. Cara yang dapat dilakukan untuk membuat ramuan pembersih lantai marmer adalah dengan cara mencampurkan 1 sendok makan baking soda dengan air secukupnya. Kemudian aduklah campuran baking soda dengan air secara merata. Silakan ambil kain bersih dengan tekstur lembut kemudian usapkan pada permukaan lantai setelah di basahi dengan air campuran baking soda. Dengan begitu kinclongnya lantai marmer kalian akan terus terjaga.

2. Penggunaan amonia
Amonia merupakan zat yang memiliki sifat basa. Hal ini merupakan alah satu alasan amonia dapat digunakan sebagai cairan untuk menjaga kebersihan dan keindahan lantai marmer rumah kita. Namun kita harus menggunakan takaran yang tepat pada saat menggunakan amonia sebagai zat untuk menjaga lantai marmer agar tetap kinclong. Cara menggunakan cairan amonia ini adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh amonia dengan segelas air.kemudian aduklah secara merata dan gunakan kain yang bersih untuk mengelap lantai marmer dengan campuran larutan tersebut.
 
3. Penggunaan deterjen cair
Selain kegunaannya untuk membersihkan baju-baju kotor ternyata deterjen cair terbukti ampuh untuk menjaga lantai marmer tetap kinclong dan menawan. Caranya adalah dengan mencampur sedikit deterjen cair dengan air kemudian mencelupkan lap kering ke dalamnya. Dan kemudian lap tersebut digunakan untuk menggosok lantai marmer.
Demikian beberapa tips yang dapat kalian praktikkan guna untuk menjaga kebersihan dan kecantikan lantai marmer di rumah. Terimakasih. 

Tags :