Rabu, 05 Mei 2021

Tips Mudah untuk Pasang Marmer Lantai

 Tips Mudah untuk Pasang Marmer Lantai

Pasang Marmer – Saat ini untuk menghias lantai rumah kita tidak hanya dengan lantai yang berbahan dasar keramik saja. Banyak orang telah memilih lantai berbahan dasar marmersebagai alternatif pengganti dari lantai berbahan dasar keramik. Pasang marmer pada lantaijuga tidak jauh berbeda dengan memasang lantai berbahan dasar keramik. Keduanya memiliki bentuk yang sama sehingga sudah tidak asing lagi bagi para tukang bangunan untuk melakukan pasang marmer pada lantai rumah klien mereka. Kelebihan lantai berbahan dasar marmer adalah dari sisi kekuatannya. Lantai berbahan dasar marmer digadang-gadang memiliki struktur yang lebih kuat jika dibandingkan dengan lantai berbahan dasar lain. Untuk melakukan pasang marmer pada lantai rumah perlu dilakukan dengan memperhatikan hal-hal tertentu dan tidak dapat sembarangan dalam melakukan pasang marmer. Dalam artikel ini akan membahas bagaimanakah tips yang mudah untuk melakukan pasang marmer untuk lantai di rumah kita. Untuk pembahasan lebih lanjut mari kita simak artikel ini dengan seksama ya guys.

Sebelum memasang lantai berbahan dasar marmer hendaknya semuaperalatan yang kita butuhkan sudah kita sediakan. Hal ini memudahkan kita nantinya dalam melakukan pasang memasang lantai marmer di rumah kita. Peralatan tersebut juga meliputi alat-alat keselamatan seperti sarung tangan, kaca mata untuk melindungi mata kita, dan juga masker yang melindungi kita dari debu saat melakukan pemotongan lantai marmer. Kemudian beberapa tips yang mudah untuk melakukan pasang marmer lantai rumah adalah sebagai berikut :

1. Bersihkan lantai yang akan di pasang marmer.
Sebelum lantai di lakukan pasang marmer sangat penting untuk membersihkan alas terlebih dahulu. Hal ini bertujuan saat lantai marmer dipasang, marmer tersebut akan merekat sempurna pada lantai rumah kita. Setelah seluruh permukaan lantaiyang akan di pasang marmer telah dibersihkan tunggulah lantai tersebut hingga kering. Jangan sampaikita memasanga lantai marmer pada alas yang masih basah karena bekas membersihkan yang kita lakukan tadi.

2. Cek kondisi permukaan lantai
Lantai yang bagus untuk digunakan pasang marmer adalah lantai yang memiliki permukaan yang benar-benar rata. Hal ini dikarenakan lantai berbahan dasar marmer memiliki sifat yang sangat sensitif terhadap pemasangan yang tidak pas. Bisa saja jika lantai yang akan kita pasang marmer tidak memilikipermukaan yang benar-benar rata akan membuat lantai marmer yang kita pasang menjadi gampang retak atau bahkan menjadi pecah.

3. Cek kepingan lantai marmer yang telah kita beli
Jangan lupa hal penting lagi yang perlu diperhatikan adalah pemilihan keping lantai marmer yang akan dilakukan pasang marmer. Jangan sampai bahan lantaimarmer yang akan kita pasang memiliki retakan atau bahkan pecah. Retakan sekecil apapun harus diperhatikan karena berhubungan dengan kualitas lantai marmer yang akan kita pasang. Retakan kecil akan memicu pecahnya lantai marmer. Biasanya toko bangunan yang menjual lantai marmer akan memberikan garansi pada pembeli jika pada waktu yang ditentukan terjadi keretakan pada proses pengiriman barang. 

4. Gambarlah pola pada lantai yang akan di pasang marmer.
Sebelum melakukan pasang marmer pada lantai perlu digambar pola untuk melakukan pemasangan yang sempurna. Pola yang digambar juga membantu proses pasang marmer agar berjalan dengan cepat.

5. Cari titik tengah pada pola yang berada di lantai
Setelah pola lantai selesai digambar maka aplikasikan pola tersebut pada lantai yang diinginkan. Pertama-tama kita harus mencari titik tengah yang sesuai untuk melakukan pasang marmer pertama kali pada lantai. Hal ini bertujuan agar kanan dan kiri bagian ruangan menjadi seimbang.

6. Letakkan pola pada lantai yang siap di pasang
Sembari meletakkan pola gunakanlah tali berkapur untuk membuat gambar yang lurus pada lantai.

7. Lapisi dengan plaster perekat
Setelah pola siap maka yang dilakukan adalah proses pasang marmer pada lantai. Gunakanlah plester perekat untuk melapisilantai yang akan kita pasang lantai marmer.

8. Berikan jarak antar marmer
Jangan lupa untuk memberikan jarak antara lapisan marmer satu dengan lainnya.

9. Isi celah pada lantai marmer
Setelah proses pasang marmer selesai tunggulah lantaikering dan isi celah-celah antar lantai marmer.

Tags :