Selasa, 04 Mei 2021

Tahapan – Tahapan Poles Marmer di Jakarta

 Tahapan – Tahapan Poles Marmer di Jakarta

Poles Marmer di Jakarta – Sebagai salah satu material yang digemari banyak orang, memasang marmer tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang. Harus dilakukan dengan teliti, bertahap, sabar agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Pun bagi kalian yang ingin marmernya terlihat mengkilap dan mengkilau. Pemolesan tentu bukan sembarang pekerjaan. Maka dari itu, dalam artikel ini kami akan seluk beluk mengenai poles marmer di Jakarta.
Mengapa harus poles marmer di Jakarta? Iyap, sebagai kota dengan kepadatan yang luar biasa Jakarta juga gudangnya industry kontruksti besar di Indonesia. Tak heran jika poles marmer di Jakarta dengan bantuan alat – alat modern dan sistem yang mumpuni bisa dilakukan dengan cepat, tanggap, professional. Berikut tahapan – tahapan pemolesan yang akan dilakukan pada jasa poles marmer di Jakarta.

Menyiapkan alat dan bahannya
Nah sebelum memulia pekerjaannya, tentu pekerja yang bergabung dalam poles marmer di Jakarta akan menyiapkan alat dan bahannya. Disini yang digunakan adalah detergen ringan, 3-4 helai lap lembut, tapal untuk menghilangkan noda, kompon poles, pemoles yang dilengkapi dengan roda felt berkecepatan rendah, serta sealant (bahan penutup pori – pori) marmer.

Menutup area di sekitar marmer yang akan dipoles
Jika ternyata marmer dikelilingi oleh permukaan berbahan lain (seperti krom dan kayu) yang mudah rusak jika terkena bahan – bahan yang digunakan maka pekerja akan  menutupnya dengan menggunakan selotip sebelum memulai pemolesan.

Membersihkan permukaan marmer dengan menggunakan lap dan detergen
Sebelum membersihkan marmer di area yang besar, pekerja akan melakukan pengujian di area kecil terlebih dahulu. Noda – noda dipermukaan dihilangkan dengan cara mengelapnya dengan menggunakan lap yang lembut dan sudah dibahasi detergen.
Catatan; detergen atau zat pembersih yang digunakan disini tidak boleh bersifat asam dan mengandung asam seperti cuka, sitrun, dan ammonia. Hal ini ditakutkan akan menyebabkan permukaan marmer menjadi terkikis dan bakteri – bakteri berbahaya bisa masuk dan meresap ke dalam marmer. Maka dari itu detergen harus bersifat lembut namun tetap bisa menyingkirkan noda dan bakteri tanpa harus merusak permukaan marmer.

Mengaplikasikan tapal
Tapal berfungsi untuk menghilangkan noda – noda yang menempel pada permukaan marmer berpori. Noda ini tidak akan hilang jika hanya dengan memolesnya yah. Jadi pekerja akan mengaplikasikan sealant pada permukaan. Pengaplikasian tapal sendiri cukup simple namun harus selalu telaten. Cukup dioleskan ke noda, dibalut dengan plastic di atasnya, didiamkan selama 1-2 hari, dan buka plastic  jika proses sudah selesai semua. 

Menggunakan Kompon Poles
Berbeda merk kompon, maka berbeda pula takaran yang harus digunakan. Maka dari itu pekerja yang tergabung dalam jasa poles marmer di Jakarta akan mencermati jenis produk apa yang digunakan. Pekerja akan mengaplikasikan kompon poles sedikit dengan sedikit agar kebutuhan kompon poles sesuai dengan luas permukaan marmer yang akan dipolesnya.

Menggunakan alat pemoles dengan kecepatan rendah
Alat pemoles yang digunakan di sini adalah semacam, bor namun mata bor diganti dengan piringan felt yang berguna sebagai pemoles. Pemolesan dimulai dari sudut lanjut ke seluruh area marmer secara merata. Pekerja akan menjalan alat pemoles dengan gerakan melingkar yang terkendali dan kecepatan yang rendah. Jika sudah selesai, maka poles yang tersisa tinggal dibersihkan dengan menggunakan kain kering kemudian kain basah agar permukaannya menjadi lebih bersih.

Membiarkan marmer menjadi benar – benar kering
Tunggu selama 24 jam sampai marmer yang dipoles benar – benar kering sebelum permukaan diapliksikan sealant. Pengaplikasian sealant sendiri tidak sepenuhnya mampu mencegah noda, hanya saja hal ini efektif untuk melindungi permukaan marmer. Cra pakai sealant cukup disemporotkan lalu di lap dengan menggunakan lap bersih. Setelah semuanya selesai tunggu 10-20 menit lalu dibersihkan apa – apa yang tersisa.

Nah, demikian tahapan – tahapan yang dilakukan pada jasa poles marmer di Jakarta. Tentunya tahapan – tahapan tersebut membutuhkan pengorbanan, ketelitian, tenaga, dan biaya yang tak sedikit. Maka dari itu tak heran jika jasa poles marmer di Jakarta ditawarkan dengan harga yang bisa dibilang sedikit lebih mahal. Overall, semuanya masih sebanding kok dengan hasilnya. Sedkit penjelasan semoga bermanfaat.

Tags :