Rabu, 05 Mei 2021

Ragam Jenis Dan Motif Terkenal Dari Kerajinan Marmer Tulungagung

 Ragam Jenis Dan Motif Terkenal Dari Kerajinan Marmer Tulungagung

Marmer Tulungagung – Kepopuleran marmer Tulungagung sudah tidak diragukan lagi. Selain sudah menjamah pasar internasional dengan diekspor ke berbagai negara seperti Jepang, Australia, Amerika, dan lainnya, banyak ikon-ikon bangunan yang juga telah menggunakan marmer Tulungagung. Contohnya saja masjid terkenal di Jakarta, yaitu Masjid Istiqlal. Masjid ini menggunakan lapisan material marmer Tulungagung. Hasil kerajinan marmer memang sangat banyak peminatnya, walaupun jauh dijangkau dan mahal harganya, namun tetap tidak sepi akan pembeli. 

Seperti Apa Sich Sebenarnya Batu Marmer Itu?
Marmer merupakan batuan yang mempunyai pola atau corak yang menarik dan termasuk dalam tipe batuan hasil metamorfosa dari batu kapur atau gamping. Proses rekristalisasi pada batuan gamping menyebabkan struktur asalnya lenyap dan terbentuk tekstur baru yang disebut dengan batu marmer ini. Meski demikian, tidak semua batu gamping akan selalu menjadi marmer.

Batuan marmer biasanya ditemukan di daerah yang berupa perbukitan atau pergunungan. Endapan batuan marmer biasanya pula dikelilingi oleh pegunungan batu gamping (kapur) karena proses metamorfose yang tidak sama rata. Batuan marmer ini merupakan bahan galian yang berwarna putih pekat atau kekuningan hingga abu-abu, namun dapat pula berwarna lain tergantung pada mineral pengaturnya yang mengendap bersamanya dengan serat saraf yang terbentuk secara alami, seperti halnya saraf yang ada pada batang pohon. Sarat inilah yang memberikan ciri khas dari batu marmer dan memberikan kesan keaslian dan alamiahnya. 

Corak yang unik pada batuan marmer tersebutlah yang berhasil membuat batuan marmer tampak memukau dan dapat digunakan untuk menghias lantai dan dinding di berbagai sudut bangunan. Di daerah Tulungagung marmer yang ditemukan adalah jenis marmer yang berwarna kekuningan dan marmer yang berwarna kemerahan. Warna merah tembaga pada batuan marmer Tulungagung disebabkan oleh adanya pengisian rongga dengan asosiasi urat dari kuarsa dan kalsit oleh Mangan (Mn) yang termineralisasi.

Marmer memiliki sifat yang kuat, berat, kokoh, tahan api, dan tak mudah tergores sehingga menjadikannya tahan lama. Inilah yang membuat material ini sering menjadi simbol kemewahan serta digunakan di istana dan kuil pemujaan dewa pada zaman dahulu oleh bangsa Yunani dan Roma. Mereka menggunakan batuan marmer untuk membuat patung dan sebagai bahan bangunan.  Marmer juga sudah menjadi jejak peradaban, tradisi, dan juga budaya. Pada bangunan, batuan marmer bisa digunakan untuk lantai, tiang, pelapis dinding, dan tangga. 

Marmer juga pas digunakan sebagai bahan pembuatan perabot seperti meja, bak mandi, wastafel, dan lain sebagainya karena sifatnya yang mudah dibentuk dan dipotong. Meski demikian, perabotan marmer yang mungkin berada di rumah anda sebenarnya telah melewati proses pengolahan yang panjang dari asalnya. Sebelum terbentuk, batuan marmer tersebut melewati proses pemotongan, pembentukan, serta pemolesan agar semakin mengilap.

Ragam Jenis Batuan Marmer Tulungagung
Berikut ini akan kami jelaskan sedikit mengenai beberapa jenis marmer yang pernah diproduksi di Tulungagung. Sebenarnya, untuk kerajinan marmer yang ada di Tulungagung tidak sepenuhnya bahan marmernya diperoleh dari Tulungagung. Di Tulungagung sendiri yang paling banyak tersedia adalah batuan marmer warna Putih. Untuk warna yang lain biasanya diperoleh dari penambangan luar Tulungagung.

Motif Terkenal Dari Kerajinan Marmer Tulungagung 
Dalam kerajinan marmer ada berbagai ragam motif yang biasanya digunakan agar produk dari marmer tersebut terlihat semakin mewah dan menawan. Salah satu motif marmer yang menjadi kegemaran dari kerajinan marmer Tulungagung adalah motif marmer border inlay. Ini merupakan motif marmer yang rumit. Sebenarnya, setiap pabrik yang memproduksi kerajinan marmer memiliki standar yang berbeda dalam menentukan suatu tingkat kesulitan pada sebuah motif pada marmer. Tingkat kesulitan pada motif suatu produk marmer biasanya akan mempengaruhi tingkat harga dari barang tersebut. Jadi, bila motifnya semakin rumit, maka harga produk semakin mahal.

Motif marmer border inlay memiliki kriteria tingkat kerumitan dengan komponen gambar dan design sebagai berikut;
Lekuk-lekukannya banyak
Motif designnya bergambar bunga-bungaan
Memiliki suatu komponen motif kayu ukir.
Memiliki suatu komponen stilasi pada benda yang membentuk suatu lekukan yang bervariasi.

Selain itu, ada pula motif marmer border inlay minimalis. Motif ini merupakan motif marmer border inlay yang designnya tidak terlalu rumit dan tanpa adanya bentuk-bentuk dari gambar yang dibuat berlekuk-lekuk ukiran atau di-stilasi. Tak ketinggalan, ada pula motif marmer border inlay kaligrafi. Motif marmer border inlay ini kebanyakkan diaplikasikan di dinding dan di lantai.

Itulah yang dapat disampaikan mengenai ragam jenis dan motif terkenal dari kerajinan marmer Tulungagung. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tags :