Rabu, 05 Mei 2021

Panduan Cara Pasang Granit Dengan Tepat

 Panduan Cara Pasang Granit Dengan Tepat

Pasang granit - Lantai menjadi komponen penting bagi rumah. Keberadaannya menentukan penampilan rumah dalam jangka panjang. Oleh karena itu, perlu pertimbangan matang untuk memilih material yang digunakan. Bukan hanya unsur keindahan yang diidamkan, tapi juga membutuhkan unsur ketahanan. Pilihan material pelapis lantai banyak ragamnya, salah satu bahan yang dapat digunakan adalah granit. Granit sendiri merupakan batuan felsik yang umum dan sering ditemukan. Kekuatannya tak perlu diragukan lagi, memilih tekstur keras dengan motif yang bervariasi. 

Keindahan yang dimiliki granit membuatnya cocok di pasang di semua bagian rumah, baik interior maupun eksterior. Granit sangat cocok di pasang di tempat yang terpapar sinar matahari seperti kolam renang, teras, gazebo. Disamping itu granit pun cocok diaplikasikan pada lantai rumah, kamar mandi, ruang tamu, dapur, dan ruangan lain. Motifnya yang bermacam-macam membuat pembeli memiliki keluasan dalam memilih. Nilai tambah dari bahan ini adalah perawatan yang mudah dan cara pasang granit pun tidak ribet. Bagi Anda yang tertarik membeli granit dan ingin tahu seluk beluk material ini, bisa baca lebih lanjut artikel di bawah. Akan dijelaskan mengenai macam granit dan panduan cara pasang granit yang tepat.

Apa saja jenis-jenis granit ?
Granit memiliki beragam jenis, ada beberapa pilihan yang dapat Anda gunakan. Nah, ini dia jenis-jenis granit yang populer di pasaran.
1. Granit hitam
Granit berwarna hitam menjadi jenis granit terpopuler dan diminati banyak konsumen. Warnanya yang elegan mampu menampilkan kesan mewah dan indah pada ruangan, namun tidak terkesan mencolok. Jenis ini apik digunakan pada semua jenis rumah, baik minimalis atau modern. Hanya tergantung bagaimana Anda memadukannya pada ruangan. Biasanya, orang suka pasang granit hitam sebagai pelapis lantai, meja dapur, dan juga dinding rumah. Bisa dimasukkan pada list material rumah Anda.
2. Granit Coklat
Sesuai namanya granit ini memiliki warna coklat layaknya kayu. Keunggulan warna ini membuatnya sering dipadukan dengan perlengkapan rumah yang terbuat dari kayu, hasilnya akan sangat serasi. Bagi Anda pecinta gaya rumah klasik dan tradisional, hingga rumah modern bisa memilih untuk pasang granit coklat karena warnanya netral dan mudah dipadukan dengan semua jenis barang. Perpaduan yang sesuai akan menambah daya estetik ruangan dan kenyamanan berada di dalamnya.
3. Granit emas
Hampir memiliki warna serupa dengan granit coklat, granit emas juga tak kalah digemari. Warna emas yang dipunyai termasuk alasan banyak digunakannya jenis granit ini. Warna emas sangat dominan dengan nuansa mewah dan berkelas, oleh karenanya kita sering menjumpai hotel dan gedung mewah yang juga pasang granit emas pada lantai atau dinding.
4. Granit hijau
Hijau adalah warna yang memancarkan kesan alami. Jika dituangkan pada desain rumah akan memberi hawa sejuk dan tenang. Granit hijau biasanya digunakan sebagai aksen pembeda pada lantai. Menurut beberapa pakar desain interior, granit hijau cocok jika dipadukan dengan furnitur coklat tua.
Anda tinggal mempertimbangkan mana granit yang telah menarik hati sehingga ingin segera mewujudkan untuk pasang granit pada lantai rumah atau ruangan lain.
Cara Pasang Granit Dengan Tepat
Pemasangan granit sebenarnya tidak jauh berbeda dengan memasang keramin pada umumnya. Bisa dibilang mudah dan dapat dipasang sendiri saat Anda memiliki waktu luang, bisa juga menyewa jasa pasang granit jika tidak ingin repot. Diantara hal-hal yang harus Anda lakukan jika tertantang untuk memasang sendiri, yakni:
Membuat dasaran lantai dari semen agarc lantai rata dan mudah dipasang granit.
Membuat perekat, biasanya daru campuran semen dan pasir yang diberi air sedikit.
Memasang granit, lebih baik dari area dalam dahulu kemudian bagian luar.
Setelah granit terpasang pada lantai usahan tidak diinjak terlebih dahulu, biarkan agar perekat mengeras.

Sebenarnya sederhana sekali cara pasang granit untuk lantai rumah. Anda yang memiliki jiwa seni pasti mudah melakukannya. Namun, bagi yang tidak terbiasa dengan pekerjaan bangunan dan tidak memiliki keahlian di bidang ini, lebih baik jika menyewa teknisi yang profesional agar hasilnya lebih maksimal dan tepat.


Tags :