Rabu, 05 Mei 2021

Mengenal Jenis-Jenis Kijing Marmer

 Mengenal Jenis-Jenis Kijing Marmer

Kijing Marmer – Batu marmer sangatlah kokoh untuk dibuat sebagai material bahan kerajinan. Salah satu contohnya adalah untuk pembuatan kijing atau makam kuburan. Makam kuburan terletak di pemakaman, sehingga haruslah tahan terhadap panas dan hujan. Pemilihan material batu marmer untuk kijing ini sangat tepat karena keunggulan yang dimiliki oleh bahan marmer tersebut. Kijing marmer dapat berfungsi melindungi tanah kubur dari musibah yang tidak disangka-sangka. Selain itu, dengan adanya kijing marmer mampu memberi kesan yang rapi, kokoh, dan gagah pada tanah kubur tersebut.

Kijing dari bahan batu marmer ada banyak jenis modelnya. Berikut ini beberapa jenis model kijing marmer yang bisa anda ketahui.

Kijing Marmer Jenis Mataraman
Jenis kijing marmer ini merupakan jenis yang paling tua dan klasik yang telah dikembangkan oleh masyarakat pengrajin batu marmer. Asal nama kenapa jenis makam ini disebut dengan kijing marmer Mataraman karena menurut cerita pada jaman Belanda menjajah Indonesia dahulu banyak sekali warga keraton dan para pejabat mataraman yang berada di daerah Yogyakarta, Solo, dan yang disekitarnya yang memesan makam marmer jenis ini dari para pengrajin marmer di kota marmer Tulungagung. Oleh karena itu, jenis makam marmer ini disebut dengan kijing Marmer Mataraman. 

Kijing marmer Mataraman memiliki bentuk dasar berupa bentuk kotak yang polanya trapezium. Pada bagian atasnya berbentuk kotak lebih kecil lalu semakin membesar bentuk kotaknya pada bagian bawahnya. Pola seperti ini adalah ciri khas yang dimiliki oleh kerabat para pembesar di Mataram. Pada bagian nisannya memiliki bentuk plat yang tebal dan tidak berbentuk bulat. Pola kijing marmer jenis Mataraman ini adalah pada bagian nama dari almarhum diletakkan diatas batu nisannya. Namun, seiring berkembangnya jaman, kijing marmer jenis ini juga ada yang menggunakan nisan mahkota yang cara penggerjaannya dikerjakan dengan dibubut. Pada mulanya batu nisan yang dimiliki oleh kijing marmer ini polanya berbentuk Nisan Kembang. Namun, pola yang berbentuk Nisan Kembang tersebut berubah bentuknya menjadi bentuk pola Mahkota yang memiliki arti sebagai symbol kebangsawanan. Untuk pola mahkota dari kijing marmer ini masih menerapkan pola berbentuk lancip bagi orang laki-laki yang meninggal / almarhum. Sedangkan, pola yang digunakan bagi perempuan yang meninggal berbentuk tumpul. 

Spesifikasi ukuran yang biasanya digunakan untuk kijing marmer jenis ini adalah dimensinya berukuran 160 cm x 60 cm 50 cm dengan memiliki tinggi nisan yang panjangnya antara 90 – 100 cm. Kijing marmer ini biasanya dihiasi dengan ukiran-ukiran dan tulisan kaligrafi dari kalimat tarji’ yang berbunyi “Innalillahi wa inna ilahi roji’un, serta doa kubur.

Kijing Marmer Jenis Pahlawan
Jenis ini biasanya dipakai untuk makam-makam yang berada di Taman Makam Pahlawan yang memiliki bentuk kotak sederhana. Batu nisan dari kijing marmer jenis ini terletak secara bersambung dengan bagian badan makamnya. Jenis kijing marmer pahlawan ini memiliki pola segitiga pada papan nama dari almarhum.

Kijing Marmer Jenis Jakartanan
Kijing marmer jenis ini dinamakan Jakartanan karena makam jenis ini banyak digunakan oleh warga Jakarta. Kijing marmer jenis ini memiliki bentuk kotak dan bagian nisannya bergabung dengan bagian badan makam. Jenis kijing marmer Jakartanan ini rupanya hampir mirip dengan rupa kijing marmer jenis pahlawan, namun yang membedakan adalah letak bagian pada nisannya.

Kijing Marmer Jenis Bokoran
Jenis kijing marmer ini merupakan jenis yang pengerjaannya paling sulit dilakukan karena jenis ini merupakan pengembangan dari kijing marmer jenis Mataraman. Namun, pada bagian dasar badan kijing marmer ini tidak langsung tertuju pada bagian pondasi makam dan malah membentuk suatu pola sudut yang baru terhubung dengan pondasi dari makam. Dimensi fisik dan bentuk-bentuk dari kijing batu marmer jenis ini sulit untuk dijelaskan dengan menggunakan kata-kata. Perbedaan tradisi khas pada pola dari kijing marmer jenis Mataraman dan kijing marmer jenis Bokoran yaitu pada bagian batu nisannya. Untuk almarhum laki-laki batu nisannya berujung lancip, sedangkan untuk almarhum perempuan batu nisannya berujung tumpul. 

Itulah jenis-jenis kijing marmer yang dapat anda ketahui. Selain yang telah disebutkan sebenarnya masih banyak variasi model lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tags :