Kamis, 06 Mei 2021

Keistimewaan Kijing Marmer Tulungagung

 Keistimewaan Kijing Marmer Tulungagung

Kijing Marmer – Setiap keluarga pasti ingin memberikan kesan baik terhadap kepergian salah satu anggotanya. Berbagai agama di Indonesia menganjurkan untuk kita memberikan penghormatan kepada mereka yang telah mendahului. Seperti halnya dalam agama Islam, makam – makam para leluhur pemuka agama selalu menjadi tempat sacral dan dihormati agar wasilah barokah tetap bisa mengalir terhadap mereka yang masih hidup.

Salah satu cara menghormati yang demikian adalah dengan cara mengkijing makam. Dalam masyarakat kita sendiri, mengkijing makam merupakan suatu hal yang lumrah dilakukan. Ada banyak kelebihan yang didapatkan ketika kita mengkijing makam. Kelebihan – kelebihan tersebut di antaranya adalah : makam lebih terlihat bersih, rapi, serta nyaman apabila sewaktu – waktu kita sebagai keluarga atau kerabat mengunjungi. 

Kijing sendiri bisa dibuat dari berbagai material. Mulai dari kijing kayu, kijing batu, dan kijing marmer. Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas bersama mengenai kijing marmer yang diproduksi di daerah Tulungagung, tepatnya kecamatan Campurdarat. Apa sih keistimewaan kijing marmer Tulungagung ini? Baca sampai akhir ya.

Kijing Marmer Tulungagung
Marmer merupakan material bangunan yang terbentuk dari proses rekristalisasi batu gamping. Tulungagung sendiri merupakan kabupaten kecil yang ada di wilayah selatan provinsi Jawa Timur dimana ia dianugerahi oleh Tuhan kekayaan alam yang tiada bandingan. Kekayaan alam disini berupa bukit dan gunung – gunung gamping yang berada di kecamatan Campurdarat, Tulungagung. Memanfaatkan kekayaan alam yang begitu melimpah, masyarakat sekitar mengolahnya menjadi kerajinan – kerajinan marmer yang memiliki nilai jual tinggi sampai akhirnya Tulungagung mendapat julukan sebagai kota marmer. Bukan hanya terkenal di Indonesia bahkan juga mancanegara.
Salah satu kerajinan yang paling banyak dicari di sini adalah kijing marmer Tulungagung. Berbagai corak dan jenis kijing marmer bisa kalian sesuaikan dengan budget yang dimiliki untuk membeli. Mulai dari yang murah sampai dengan yang mahal ada semua di sini loh.

Penentu Harga Kijing Marmer Tulungagung
Ada banyak poin yang menjadi penentu harga sebuah kijing marmer Tulungagung. Poin – poin tersebut antara lain :
1. Jenis kijing yang akan digunakan.
Sama dengan pakaian, ternyata kijing juga memiliki banyak model dan jenis loh. Mulai dari yang sederhana sampai dengan yang rumitnya minta ampun. Nama jenis tersebut antara lain : kijing masyayih, kijing trap/ tingkat (1,2, atau 3), kijing uje, kijing minimalis, kijing polos, kijing kaligrafi, kijing Kristen, kijing berkhas eropa, dan masih banyak lainnya. Nah jika kalian menginginkan jenis kijing marmer desain sendiri di Tulungagung ini juga melayani.

2. Jenis bahan kijing
Beda jenis marmer maka akan berbeda pula tampilan yang dihasilkan. Jenis bahan kijing disini diklasifikasikan atas warna dan serat marmernya. Ada kijing yang berwarna putih bersih, putih tulang, krem, coklat, abu – abu, bahkan hitam pekat. Sedangkan serat marmernya juga mulai dari yang begitu rapat sampai dengan yang terlihat renggang. Semua terlihat bersih dan mewah. Mau yang apa, tinggal kalian tentukan.

3. Aksesoris kijing
Aksesoris kijing lebih terfokus pada hiasan dan ornament apa yang ingin ditambahkan di permukaan samping kiri atau samping kanan kijing. Biasanya kijing dihias dengan kaligrafi yang berisi doa – doa agar terlihat lebih bagus dan bernilai seni.

4. Tingkat kerumitian pembuatan kijing.
Kerumitan dalam pembuatan kijing marmer juga menjadi penentu berapa rupiah kerajinan akan dijual. Semakin rumit suatu kijing, maka pengerajinan membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan modal yang tidak sedikit dalam pembuatan. Maka dari itu, sudah menjadi hal yang wajar jika harga akan semakin mahal. Begitupun sebaliknya jika kijing hanya berbentuk sederhana, tidak ada tambahan aksesoris dan lain sebagainya, maka akan dijual dengan harga yang sebanding pula.

Demikian sedikit informasi mengenai keistimewaan kijing marmer Tulungagung. Tertarik untuk mendapatkannya? Kalian bisa langsung ke lokasi pengerajin atau mengunjungi website serta social medianya. Semua informasi dan kelebihan – kelebihan yang dimiliki akan di share secara jelas dan gamblang. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.

Tags :