Rabu, 05 Mei 2021

Jenis-Jenis Batu Marmer Terkenal Yang Dapat Digunakan Sebagai Bahan Kerajinan Marmer Berkualitas

 Jenis-Jenis Batu Marmer Terkenal Yang Dapat Digunakan Sebagai Bahan Kerajinan Marmer Berkualitas

Kerajinan Marmer – Berbagai kerajinan marmer dapat dihasilkan dari batu marmer. Marmer sendiri merupakan salah satu jenis batuan yang biasanya dipilih sebagai bahan bangunan yang banyak digemari oleh masyarkat, baik itu untuk bagian interior ataupun eksterior bangunan. Batu marmer adalah salah satu jenis batuan gamping yang memiliki kandungan kalsit atau kalsium karbonat yang tinggi yang mana selama ribuan tahun mengalami tekanan dan panas sehingga terbentuklah material batuan marmer ini yang dapat digunakan sebagai bahan kerajinan marmer. 

Kalsit atau kalsium karbonat yang terkandung didalamnya menyebabkan rongga pada batu marmernya. Batu marmer yang memiliki banyak rongganya maka akan semakin berkurang kekuatannya. Sehingga, biasanya, beda daerah asal akan menyebabkan perbedaan proses terbentuk batunya dan kemurniannya hingga pada akhirnya juga akan memengaruhi karakter, kekuatan, warna, dan juga motif batu marmernya.
 
Nah, jika dilihat dari hal tersebut, maka ada banyak jenis batuan marmer yang bisa digunakan sebgaai bahan untuk kerajinan marmer. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa jenis batu marmer yang terkenal dan digemari sebagai bahan kerajinan marmer berkualitas. Yaitu;
1. Marmer Onyx
Marmer jenis ini memiliki tampilan seperti batu onyx yang berlapis-lapis dan seakan-akan tampak transparan. Perbedaan batu marmer biasa dengan batu onyx, yaitu batu marmer tidak bisa ditembus cahaya, sedangkan batu marmer jenis onyx ini bisa tembus cahaya.
2. Marmer Kristalin
Jenis batu marmer ini memiliki dasar abu-abu mengilap, uratnya putih atau abu-abu kehitaman, permukaannya halus, tanpa lubang, transparan, dan memiliki sifat keras. Di Indonesia, penghasil marmer kristalin yang terkenal adalah daerah Lampung dan Poso.
3. Marmer Carrara
Jenis marmer ini biasanya berwarna abu-abu, biru keabu-abuan, ataupun putih dengan gurat yang halus dan tipis. Biasanya, marmer ini sering digunakan untuk membuat kerajinan marmer berupa patung atau dekorasi bangunan. Untuk marmer jenis ini yang berwarna putih cocok digunakan di kamar mandi karena memiliki kesan bersih. Harga marmer ini terjangkau dan mudah ditemukan di pasaran. 
4. Marmer Travertine
Jenis marmer ini memiliki tampilan khas berupa guratan, lubang-lubang alami, dan warnanya beragam mulai dari abu-bau, cokelat, hingga biru. Lubang-lubangnya yang dibiarkan terbuka terkesan natural, namun bisa juga ditutupi dengan resin atau polimer transparan, lalu dipoles supaya mengilap. Jenis batu marmer ini bias digunakan untuk interior bangunan.
5. Marmer Statuario
Marmer ini berwarna putih dengan gurat hitam. Marmer jenis ini juga memiliki harga yang tinggi dan termasuk jenis marmer yang mengilap dan memberikan kesan lebih dingin. Marmer ini cocok untuk digunakan sebagai lantai di daerah tropis.
6. Marmer Crema Marfil
Yang terkenal, marmer jenis ini berasal dari Spanyol. Marmer ini memiliki ciri khas berupa nuansa warna cokelat muda atau krem dengan guratan yang bervariasi. Marmer jenis ini cocok digunakan untuk lantai, lapisan dinding, dan kerajinan marmer berupa hiasan mozaik.
7. Marmer Hitam
Ada dua pilihan jenis marmer hitam ini yang paling terkenal di dunia, yaitu Marmer Levadia Black atau Marmer Titanium Black dengan ciri khasnya berupa warna hitam deegan gurat-gurat abu-abu putih dan jenis Marmer Nero Marquina. Dengan memiliki guratan putih yang kontras.
8. Marmer Calacatta atau Calcutta
Marmer jenis ini dianggap sebagai marmer yang paling mewah karena langka, sehingga harganya sangatlah tinggi. Ciri-cirinya yaitu, berwarna putih dan memiliki gurat urat yang gelap dan dalam. Selain itu, juga memiliki variasi, antara lain gurat warna keemasan, abu-abu, campuran abu-abu dan keemasan, dan juga abu-abu dengan variasi warna perak. Marmer ini cocok digunakan di ruang kerja atau ruang istimewa untuk menonjolkan kesan elegan. 
9. Marmer Emperador
Adalah jenis batu marmer yang berasal dari Spanyol. Ciri khasnya yaitu memiliki variasi warna cokelat muda hingga cokelat tua.
10. Marmer Buatan
Marmer ini diciptakan guna memenuhi permintan pasar. Pembuatannya dari bahan aklirik dan prosesnya tidak membutuhkan waktu pembuatan yang lama. Marmer buatan ini biasanya disebut sebagai Solid Surface. Marmer jenis ini memiliki potongan yang lebih kecil serta tipis bila dibandingkan marmer asli. Coraknya juga cenderung seragam karena kerajinan marmer dari jenis marmer ini buatan mesin atau manusia. Kelebihannya hanya harganya yang lebih murah, mudah didapat, dan tidak menyerap cairan. Warnanya juga dapat dibuat mirip seperti marmer asli.

Itulah jenis-jenis batuan marmer yang dapat dijadikan sebagai bahan kerajinan marmer yang berkualitas. Demikian yang dapat disampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tags :