Selasa, 04 Mei 2021

Cara Poles Granit Agar Lantai Granit Tetap Mengkilap

 Cara Poles Granit Agar Lantai Granit Tetap Mengkilap

Poles granit- Lantai rumah termasuk salah satu komponen penentu kenyamanan menghuni rumah. Saat pertama kali menginjakkan kaki di setiap ruangan pasti lantailah yang terasa pertama kali. Rasa nyaman, tenang, dan betah tatkala meletakkan kaki di atas lantai menjadi hal yang perlu diperhatikan. Bayangkan saja jika lantai rumah kotor, kasar, sakit di kaki, masuk ke dalam rumah saja sudah malas, apalagi berdiam lama-lama di dalamnya. Maka dari itu, banyak pertimbangan dilakukan dalam menentukan bahan apa yang dijadikan lapisan lantai. Mulai dari keramik biasa sampai lantai dari bahan batuan alami seperti marmer, granit dan jenis lain. Kesan elegan pada rumah banyak diidamkan saat ini. tak mencolok tapi tetap mewah bisa didapatkan dari lantai bermaterial batu alam. Nah, Anda bisa pilih untuk poles granit di lantai rumah. Apalagi Anda yang memiliki budget rendah, harga granit tergolong lebih terjangkau dibandingkan marmer. Kualitasnya juga tak kalah, coraknya menarik dan beragam. 

Nilai plus dari lantai granit adalah perawatannya. Perawatan lantai granit dapat dilakukan dengan mudah, hampir sama dengan keramik biasanya, hanya ada berapa hal yang perlu diperhatikan terkait alat dan cairan yang digunakan. Terdapat cara poles granit yang tepat agar lantai tetap mengkilap, bersih, dan nyaman. Tetapi, sebelum mempelajari cara merawat lamtai granit, Anda harus tahu bahwa warna kusam dan hilangnya kesan kilap pada granit akibat beberap faktor. Faktor itu meliputi cara poles granit yang tidak sesuai, menggunakan cairan pembersih asal-asalan. jadi, perawatan lantai dari batu alam butuh perhatian lebih agar keindahannya bisa dinikmati jangka panjang. Anda bisa mengikuti tips-tips dalam membersihkan lantai dari batu granit, berikut caranya:

a. Memilih cara manual
Cara manual bisa dilakukan saat Anda tidak ingin menggunakan jasa jasa poles granit, cukup dilakukan dengan membersihkan lantai granit menggunakan cairan pembersih, terutama yang diperuntukkan khusus untuk granit atau bahan batu alam lain. Lebih utama jika memilih cairan dengan PH rendah. Langkah membersihkan manual cukup dengan lap lantai dengan kain halus setelah meletakkan cairan pembersih di atasnya. Keunggulan lain dari granit adalah poles granit bertahan dua kali lebih lama dibanding poles marmer.

b. Memilih bahan yang tepat
Hindari penggunaan alat dan bahan yang dapat mengurangi kualitas lantai dari batu alam. Alat yang perlu dihindari pada lantai granit seperti vacuum cleaner, kain atau lap kasar, zat pembersih dengan tingkat keasaman tinggi. Alat dan bahan yang disebutkan di atas bisa menggores permukaan lantai dan mempengaruhi warna asli dari lantai granit.

c. Poles granit dengan alat khusus
Tips terakhir yang bisa dipilih adalah menggunakan alat khusus poles granit. Alat khusus ini membantu mempercepat proses pemolesan sehingga hasilnya lebih maksimal. Dengan alat khusus ini pemolesan lebih mudah dan menghemat tenaga. Alat modern ini bisa di dapatkan di banyak toko terdekat. Jika Anda merasa keberatan jika harus membeli alat khusus, bisa juga menyewa jasa poles granit yang sudah mahir dalam bidang moles memoles lantai dari batu alam ini. hasilnya juga terjamin bagus karena sudah berpengalaman menangani masalah lantai granit.

Nah, sedikit banyak Anda mendapatkan penjelasan mengenai perawatan lantai granit. Setelah mengetahui bagaimana perawatan dan membersihkannya dengan benar Anda tak lagi risau memilih lantai granit karena telah mengantongi ilmu segala mengenai lantai granit. Nantinya lantai tetap indah dan mengkilap serta tahan lama.

Gambaran mengenai kelebihan granit dan cara poles granit bisa Anda terapkan sebagai pertimbangan menggunakannya atau tidak. Jenisnya beragam dan warna banyak dapat disesuaikan dengan desain utama rumah. Semua perabotan rumah yang dipunya, gaya rumah bisa menjadi acuan memilih granit mana yang dibeli. Memang lebih baik dipikir-pikir terlebih dahulu yang sesuai dengan keinginan hati dan bisa memenuhi kebutuhan hunian. Lantai granit bisa didapatkan di toko bangunan atau di supplier besar pastikan Anda memilih tempat jual terpecaya dan banyak didatangi pembeli. Anda juga bisa menerima saran dari orang yang sudah punya pengalaman menggunakan lantai batu alam.

Tags :